Efek Buruk Jejaring Sosial Saat Mengemudi

Posted by Indigkom Sunday, January 15, 2017 0 comments
Efek Buruk Jejaring Sosial Saat Mengemudi - Sebuah penelitian paling baru yang dilakukan oleh Institute of Advanced Motorists di Negara Inggris, mengungkap bila menggunakan jejaring sosial seperti Facebook ketika mengemudi lebih berbahaya daripada menenggak minuman keras atau memakai narkoba.

Dilansir majalah Gizmag, respon pengemudi terhadap kemudi akan menjadi cenderung sangat lambat bila mereka menggunakan jejaring sosial. Tentu saja hal tersebut akan lebih mengurangi konsentrasi dari seorang pengemudi.

Menurut hasil dari penelitian Institute of Advanced Motorists, pada peringkat pertama yang menjadikan pengemudi sering kali kehilangan konsentrasi serta menyebabkan kecelakaan adalah berkomunikasi memakai ponsel, dengan hasil 45,9 % responden.

Efek Buruk Jejaring Sosial Saat Mengemudi
Efek Buruk Jejaring Sosial Saat Mengemudi (Sumber Gambar : digitaltrends.com)

Ada pula pada peringkat kedua adalah mempergunakan smartphone untuk jejaring sosial, sebanyak 37,6 %. Kemudian disusul dengan berSMS sebanyak 37,4 %.

Sedangkan pada peringkat seterusnya masing-masing disebabkan oleh pemakaian alkohol sebesar 10-30 %, berbicara menggunakan ponsel via handsfree sebanyak 26,5 %, menggunakan ganja sebesar 21 %.

Kesimpulannya adalah pengemudi harus bijak saat mengemudi di jalanan yang mana terdapat banyak pengguna jalan lainnya yang juga berhak mendapatkan rasa aman dan nyaman saat melintasi jalanan.

0 comments:

Post a Comment