Tindakan Ketika Pecah Ban Saat Mobil Melaju

Posted by Indigkom Sunday, October 23, 2016 0 comments
Tindakan Ketika Pecah Ban Saat Mobil Melaju - Kecelakaan yang diakibatkan pecah ban menjadi momok yang sangat menakutkan untuk para pengemudi mobil. Maka dari itu, dianjurkan untuk memeriksa kondisi ban sebelum berkendara supaya aman saat melaju mengemudi kendaraan.

Tetapi apabila hal tersebut terjadi di jalan ketika mobil sedang melaju, ada beberapa point yang perlu diperhatikan. Terlebih lagi ban yang pecah itu adalah ban depan. Pasalnya ketika ban depan pecah maka mobil akan sangat sulit dikendalikan dibandingkan apabila ban belakang yang pecah.


Ketika sedang melaju, misalnya pada 80 km/jam lantas pecah ban, usahakan jangan panik. Usahakan jangan menginjak rem, cukup hanya dengan melepas gas saja atau dengan engine brake. Engine brake dapat dilakukan asalkan penggerak roda di mobil tersebut digerakkan oleh ban depan.

Apabila penggerak roda belakang dan yang pecah adalah ban belakang juga dianjurkan janganlah melakukan engine brake, cukup dengan melepas gas. Usahakan setir menjadikan mobil dibiarkan lurus saja. Serta beri sinyal atau isyarat pada kendaraan yang ada dibelakang.

Ada beberapa tips yang cukup penting. Lihat situasi dan kondisi jalanan sekitar, ketika mobil sudah berhenti. Apabila dirasa aman maka bisa segera ganti ban, tetapi apabila lingkungannya kurang aman lebih baik mobil dipaksakan secara perlahan terus jalan guna mencari tempat yang lebih aman untuk mengganti ban. 

0 comments:

Post a Comment