Perbedaan Ban Bias Dan Ban Radial

Posted by Indigkom Sunday, November 27, 2016 0 comments
Perbedaan Ban Bias Dan Ban Radial - Ban adalah salah satu komponen dari kendaraan, baik itu pada sepeda motor maupun mobil. Keberadaan ban tersebut sudah tidak dapat dipisahkan lagi dikarenakan merupakan komponen yang penting yang menjadikan kendaraan dapat melaju. Oleh sebab itu setidaknya para pengendara atau pemilik sepeda motor maupun mobil sedikitnya harus mengetahui seluk beluk dari ban.

Pada dasarnya ban mempunyai dua macam, yaitu tubetype atau dilengkapi ban dalam dan tubeless. Namun tidak cukup sampai di sana. Karena ban tubeless bisa dibagi lagi jadi dua jenis, ban bias serta ban radial. Kedua jenis ban tersebut mempunyai perbedaan.

Perbedaan Ban Bias Dan Ban Radial

Perbedaan Ban Bias Dan Ban Radial (Sumber Gambar : indonesiaautosblog)

Perbedaan kedua jenis ban ini ada pada konstruksinya. Lebih spesifik lagi pada susunan dari benang yang mengikat.

Ban bias dibuat dari banyak lembaran cord yang menjadi rangka dari ban. Cord ini ditenun dengan pola zig-zag dan membentuk sudut 40 hingga 65 derajat pada keliling lingkaran ban. Ban bias tersebut adalah jenis ban yang paling banyak dipakai pada kendaraan.

Lantas untuk ban radial terbuat dari lapisan serat yang dirancang secara menyilang pada lingkaran ban. Sabuk pada ban radial terbuat dari material baja dengan telapak lebih kaku, lebih tahan terhadap guncangan serta tidak cepat aus.

Lalu jenis ban apakah yang lebih unggul, ban bias ataukah ban radial?

Dari segi kenyamanan saat berkendara, ban radial dapat dikatakan lebih unggul. Alasannya serat material baja yang dipakai ban tersebut bersifat lentur. Dengan demikian lebih nyaman meskipun melintasi jalanan yang rusak maupun bergelombang.

Di samping hal tersebut ban radial mempunyai daya cengkeraman ataupun traksi yang cukup baik dari ban berjenis bias, khususnya pada saat menikung. Sebab pada saat bekerja ban jenis ini tertekan ke arah dinding samping. Lain dengan ban bias yang tertekan ke bagian depan-belakang. Dengan demikian beban panas bisa terdistribusi lebih merata dan tidak menjadikan ban cepat aus.

Ban radial diklaim lebih unggul dari ban bias. Akan tetapi bukan berarti tidak terdapat kekurangan dari ban jenis radial. Dana yang harus dikeluarkan oleh konsumen guna membeli ban jenis ini sangatlah tinggi. Bahkan harga dari ban radial bisa saja dua kali lipat dari ban jenis bias.

0 comments:

Post a Comment