Panduan Mendongkrak Mobil

Posted by Indigkom Sunday, January 8, 2017 0 comments
Panduan Mendongkrak Mobil - Salah satu masalah yang tidak bisa dihindari oleh pada pengguna mobil yakni ban kempes. Hal tersebut tidak dapat dihindari, mengingat ban menempel di jalan setiap saat. Akan tetapi, pada saat ban kempes ataupun bocor, ada banyak pemilik mobil yang tidak faham cara mendongkrak mobil yang benar dan aman. Meskipun sederhana, tetapi cara mendongrak yang tidak sesuai dengan aturan kemungkinan besar dapat mencelakakan diri Anda.

Panduan Mendongkrak Mobil

Panduan Mendongkrak Mobil (Sumber Gambar : liftshelp.com)

Dibawah ini adalah panduan mendongkrak mobil yang aman dan benar.

Hal yang pertama, jelas perhatikanlah posisi mobil ketika mengalami kebocoran. Jika masih berada di tengah jalan, pinggirkan ke tempat yang aman.

Kedua, posisikanlah mobil pada tanah yang mempunyai lapisan keras dan kering. Hal tersebut dilakukan supaya dongkrak mendapatkan tumpuan yang kuat. Sesudah itu, bukalah baut roda mobil dengan menyilang, sesuai petunjuk yang tercantum pada buku manual.

Posisikanlah dongkrak pada titik yang sesuai dengan buku manual, supaya kinerja dongkrak lebih efisien dan juga tidak merusak komponen mobil.

Sesudah itu, ambillah alat dongkrak serta carilah posisi besi yang ada di dekat suspensi mobil. Bahannya dari baja, sehingga cukup aman untuk dijadikan tumpuan.

Pada saat membuka baut, jangan lupa rem tangan dipakai, agar rodanya tidak berputar.

Ketiga, gantilah ban yang kempes dengan ban serep. Pastikan juga ban serep bisa dipakai dan juga tidak kempes. Karena seringnya disimpan di bagasi, pemilik mobil sering melupakan perawatan pada ban serep, sehingga mungkin saja ban tersebut tidak layak untuk dipakai.

Bila sudah selesai, pasanglah baut dengan menyilang. Jangan Turunkan dongkrak, barulah kencangkan kesemua baut.

0 comments:

Post a Comment