Arti Warna Merah Pada Sabuk Pengaman

Posted by Indigkom Monday, September 4, 2017 0 comments
Arti Warna Merah Pada Sabuk Pengaman - Sabuk pengaman atau safety belt adalah salah satu fitur yang wajib ada pada kendaraan terutama kendaraan roda empat. Fungsinya sebagai pelindung atau perangkat untuk mengurangi dampak yang fatal dari bahaya yang terjadi ketika terjadi kecelakaan ataupun benturan. Dengan memakai sabuk pengaman, posisi duduk sang pengendara tidak terdorong ke depan serta tetap di posisinya.

Sabuk pengaman atau safety belt yang terpasang pada mobil, rata-rata mempunyai model 3 titik. Sehingga diklaim cukup aman saat berkendara sehari-hari. Guna mengaitkan sabuk, pengemudi atau penumpang cukup memasukkan pengait pada pengunci yang sudah tersedia. 

Arti Warna Merah Pada Sabuk Pengaman
Arti Warna Merah Pada Sabuk Pengaman (Sumber Gambar : pixnio)
Apabila diperhatikan, semua pengunci mempunyai tombol berwarna merah sebagai pembuka kunci sabuk. Hal tersebut dapat dilihat pada semua jenis atau varian mobil. Lalu mengapa tombol di sabuk pengaman mempunyai warna merah?

Warna merah yang diberikan pada tuas pengunci supaya mudah terlihat oleh pengemudi atau penumpang ketika memakai ataupun melepas sabuk pengaman.

"Merah berarti memerlukan perhatian khusus. Mudah untuk terlihat oleh penumpang guna mencari mana yang harus ditekan, terutama saat melepas safety belt atau seatbelt.

Sabuk pengaman sangatlah penting, bukan cuma untuk dipakai saat pertama dipasang pada tubuh. Tetapi juga sangat penting untuk melepas ketika terjadi keadaan yang dinilai darurat sehingga penumpang dapat keluar dari kendaraan.

0 comments:

Post a Comment