Bahaya Menghidupkan Mesin Ketika Mengisi Bensin

Posted by Indigkom Friday, December 30, 2016 0 comments
Bahaya Menghidupkan Mesin Ketika Mengisi Bensin - Ada sebuah kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh para pengendara mobil saat sedang mengisi bahan bakar minyak pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU, yaitu terus menghidupkan mesin kendaraan. Padahal perilaku tersebut sangat tidak dianjurkan dan sangat berbahaya. 

Pemberitahuan atau peringatan untuk tidak melakukan pengisian bahan bakar pada kondisi kendaraan hidup pun sudah jelas tertulis pada area SPBU. 

Bahaya Menghidupkan Mesin Ketika Mengisi Bensin (Sumber Gambar : youtube.com)
Mengisi bahan bakar dengan mesin kendaraan yang terus menyala atau hidup mempunyai potensi buruk yang sangatlah besar. Terlebih pada tipe mobil injeksi yang mempunyai komponen pompa bensin elektrik yang ditanam di dalam tangki, hal tersebut sangat berbahaya.

Dikarenakan syarat langkah pembakaran pada mobil berupa bensin, udara serta pemicu panas. Sehingga pada saat mengisi bensin potensi udara yang masuk pada tangki sangat besar dan tentu berakibat akan memicu percikan api.

Lalu dari manakah asal percikan api yang dimaksud? api berasal dari komponen brush yang terdapat pada pompa bensin. Pompa bensin ketika berputar terkadang mengeluarkan percikan api, maka dari itu disarankan untuk tidak menghidupkan mesin pada saat mengisi bahan bakar.

0 comments:

Post a Comment