Penyebab Gardan Mobil Mengeluarkan Bunyi Mendengung

Posted by Indigkom Friday, December 30, 2016 0 comments
Penyebab Gardan Mobil Mengeluarkan Bunyi Mendengung - Gardan yang ada pada mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting, yang bertugas menggerakkan roda mobil untuk dapat melaju. 

Akan tetapi, seiring dengan waktu dari pemakaian, gardan mobil bisa mengalami kerusakan, semisal mengeluarkan suara, atau bunyi mendengung. Sebagian pemilik mobil pun kerap menyepelekan adanya bunyi mendengung tersebut. Padahal, hal tersebut adalah tanda yang harus segera ditindak lanjuti.
Penyebab Gardan Mobil Mengeluarkan Bunyi Mendengung (Sumber Gambar : questacon.edu.au)
Lalu, apakah penyebab dari munculnya bunyi mendengung pada gardan mobil tersebut? gardan pada mobil mengeluarkan bunyi mendengung, dikarenakan beberapa hal, antara lain kualitas dari oli gardan yang sudah usang. Lebih baik jika pemilik mobil membiasakan melakukan penggantian terhadap oli gardan sesuai anjuran dari pabrikan. Penggantian Oli gardan umumnya pada setiap kelipatan 40 ribu kilometer.

Penyebab Kedua, gigi komponen gardan tersebut sudah rusak, atau bisa juga aus. Kerusakan pada gigi gardan umumnya disebabkan oleh telat melakukan penggantian oli, sehingga pelumasannya menjadi cenderung berkurang. Bisa pula pemakaian tipe dari oli yang kurang tepat atau salah atau tidak sesuai dengan standar pabrikan serta kebocoroan oli pada rumah gardan. 

Penyebab yang ketiga gardan mobil berbunyi adalah bearing pada gardan sudah aus, ataupun rusak.

Penyebab yang terakhir, yaitu jarak bebas diantara gigi pinion pada gigi utama cenderung terlalu besar. Umumnya, dikarena kedua gigi ini mengalami kerusakan. Dapat terjadi karena pemakaian, dikarenakan kedua komponen tersebut selalu bersingungan. Terlebih, mobil tersebut sering bermuatan beban yang berat dan medan yang menanjak.

0 comments:

Post a Comment