Mengakali Central Lock Mobil Macet

Posted by Indigkom Tuesday, December 27, 2016 0 comments
Mengakali Central Lock Mobil Macet - Keberadaan perangkat central lock di sebuah mobil tentu sangat membantu. Perangkat tersebut untuk memudahkan pengemudi mengunci serta membuka pintu tanpa perlu mengubah posisi. Namun, perangkat tersebut akan menjadi sebuah masalah pada saat central lock macet dengan tiba-tiba. Umumnya, hal tersebut terjadi dikarenakan kabel penghubungnya putus. ataupun, bisa pula motor dari penguncinya tidak lagi berfungsi.

Apabila menemui kondisi seperti ini, Anda tidak perlu panik. Ada cara yang sederhana untuk mengakali central lock mobil macet.

Mengakali Central Lock Mobil Macet

Mengakali Central Lock Mobil Macet (Sumber Gambar : the automotive india)
Bukalah panel pintu atau door trim terlebih dulu. Kendorkan dan lepaslah baut pemegang dari motor central lock. Kemudian lepaslah motor dari dudukan dan juga setang pengunci.

Cek kabel hubungan dengan memakai tespen, hal ini guna memastikan apakah arus mengalir pada komponen motor.

Sambungkah motor langsung pada aki untuk memeriksa apakah motor pengunci tersebut berfungsi dengan baik. Jika terdengar bunyi yang normal, berarti tidak terdapat masalah. Motor tidak berfungsi sempurna bila ada gigi penggerak motor yang sudah aus atau bahkan patah. Untuk memeriksanya bongkar motor pengunci dengan memakai bor listrik.

Lihatlah kondisi gigi penggerak baik itu pada motor ataupun batangnya. Jika tingkat keausan belum parah, kikirlah gigi penggerak guna mengembalikannya pada bentuk semula.

Jika gigi penggerak sudah patah, ubahlah gigi penggerak dengan mengubah ketebalan dari karet pengganjalannya. Supaya gerak batang tidak sampai menyentuh gigi yang sudah aus atau yang patah tadi.

Sesudah itu rakit kembali motor pengunci serta periksa apakah telah bekerja dengan cukup sempurna. Pasanglah motor pengunci pada pintu. Setting posisi motor hingga gerakannya sempurna sebelum tahap mengencangkan baut pemegang.

Periksa juga kondisi dari setang penghubung, pastikan tidak ada yang bengkok dan dapat bekerja dengan baik.

Pasang kembali panel pintu pada tempatnya.

0 comments:

Post a Comment