Menghadapi Macet di Jalan Menanjak

Posted by Indigkom Saturday, December 24, 2016 0 comments
Menghadapi Macet di Jalan Menanjak - Cukup sering sekali, bila terjadi kemacetan pada jalan menanjak dan banyak juga diantara pengemudi mobil dengan transmisi manual, mengalami kepanikan dan gugup. Hal tersebut diindikasikan dengan banyaknya mesin mobil yang mati dengan mendadak atau terdengar suara bising dari knalpot yang meraung tetapi tidak jalan.

Dua hal ini sebenarnya bisa diantisipasi apabila pengemudi mengerti bagaimanakah cara menyelaraskan fungsi dari kedua pedal gas serta pedal kopling pada mobil dengan transmisi manual. Dengan kata lain Anda atau pengemudi lain bisa memainkan teknik setengah kopling.

Menghadapi Macet di Jalan Menanjak Dengan Teknik Setengah Kopling

Menghadapi Macet di Jalan Menanjak (Sumber Gambar : mobilku.org)
Teknik dari setengah kopling tersebut dilakukan cuma pada keadaan yang tidak cukup lama pada tanjakan, yang bermasksud Anda akan segera menempuh perjalanan kembali atau stop n go.

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah ketika Anda telah berada pada tengah-tengah tanjakan, maka Anda perlu menghentikan laju dari mobil Anda dengan cara menginjak pedal kopling bersamaan dengan menahan pedal gas. Janganlah menekan pedal gas terlalu dalam dan juga jangan menekan pedal gas terlalu sedikit. Pastikanlah Anda menekan pedal gas dengan pas, agar mobil yang sedang Anda kendarai tersebut bisa berhenti dengan sempurna pada tanjakan. 

Apabila Anda hendak melajukan mobil Anda kembali, Anda bisa melepas pedal kopling dengan perlahan-lahan. Selain dari itu, Anda juga harus menyeimbangkan dengan tenaga penambahan tekanan pedal gas. Kemudian, mobil Anda akan berjalan maju dengan perlahan-lahan, tergantung pada Anda saat mengendalikan pedal kopling dan pedal gas. 

0 comments:

Post a Comment