Penyebab Turun Mesin Atau Overhaul

Posted by Indigkom Sunday, December 25, 2016 0 comments
Penyebab Turun Mesin Atau Overhaul - Overhaul atau lebih dikenal dengan turun mesin merupakan langkah pemeriksaan dan perawatan keseluruhan komponen mesin mobil. Mesin tersebut akan dibongkar guna memeriksa komponen-komponen yang ada di dalamnya. Jika ternyata ada komponen yang rusak ataupun tidak berfungsi dengan baik maka akan digantikan dengan onderdil yang baru, sesudah itu keseluruhan komponen dari mesin disusun kembali.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk overhaul atau turun mesin tentu mahal, mencakup biaya jasa dan biaya untuk komponen.

Oleh karena itu, supaya mesin Anda tidak Overhaul atau turun mesin, haruslah mengetahui apa sajakah indikasi mesin yang tidak normal. Agar mobil tidak mogok atau rusak mendadak. Ada sejumlah kondisi yang harus Anda perhatikan dan juga diantisipasi agar mesin mobil Anda tetap sehat dan tidak turun mesin.

Penyebab Turun Mesin Atau Overhaul

Penyebab Turun Mesin Atau Overhaul (Sumber Gambar : autobahn performance)
Dibawah ini beberapa penyebab turun mesin atau overhaul pada mesin mobil yang harus pemilik mobil ketahui.

Memaksakan Mesin Terus Bekerja Pada Saat Kepanasan

Selagi mobil dikendarai lalu tiba-tiba mesin mati, sebaiknya jangan langsung menghidupkan mesin kembali. Lebih baik perhatikan dulu indikator atau jarum temperatur mesin tersebut. Apabila jarum tersebut menunjuk H yang berarti Hot, lebih baik mesin jangan dihidupkan dulu. Sebaiknya lakukanlah pemeriksaan pada sistem pendingin.

Apabila pemeriksaan tidak ditemukan masalah, jangan memaksakan untuk menghidupkan mesin kembali, karena overheating bisa terjadi lagi. Ada baiknya meminta bantuan kepada mekanik langganan Anda untuk diperbaiki.

Mobil Terus Dipakai Walaupun Oli Habis

Selagi mesin tidak terlumasi oli, indikator oli yang ada pada panel dashboard akan menyala. Jika hal tersebut terjadi, maka segeralah mematikan mesin mobil, sesudah itu lakukanlah pemeriksaan pada kapasitas oli lewat deepstick oli.

Jika habis, segeralah tambahkan. Periksa juga apakah terdapat kebocoran oli ataupun tidak. Apabila ada kebocoran oli, segeralah perbaiki serta jangan sampai mesin mobil dihidupkan dan kebocorannya belum diperbaiki. Tidak cuma memeriksa kuantitasnya, namun sirkulasi pada oli pun harus diperiksa. Hal tersebut dilakukan guna memastikan apakah mesin layak untuk dinyalakan atau tidak.

Mesin Kemasukan Air

Air bisa saja masuk pada mesin melalui saluran udara. Umumnya keadaan seperti ini terjadi pada saat mobil melintasi jalanan yang sudah tergenang air dengan cukup tinggi menjangkau lubang dari saluran isap. Karena daya isap sangat kuat, maka air akan sangat mudah terisap serta masuk pada mesin. Air yang sudah masuk tersebut akan menekan komponen piston, sehingga dapat menyebabkan piston tersebut pecah, patah bagian connecting Rod, katup menjadi bengkok dan mesin pun akan macet secara total. 

Guna mencegahnya, jangan mencoba menghidupkan mesin mobil dan memaksakannya untuk melintasi jalanan yang sudah tergenang air yang telah melebihi roda mobil.

0 comments:

Post a Comment