Pentingnya Oli Gardan Sepeda Motor Matic

Posted by Indigkom Saturday, December 24, 2016 0 comments
Pentingnya Oli Gardan Sepeda Motor Matic - Ingatlah, cuma terdapat dua penggunaan oli pada sepeda motor jenis Skutik yang harus diperhatikan. Pertama, oli mesin yang sudah mutlak penggantian secara berkala. Yang kedua, serta sering dilupakan, oli gardan, yang mempunyai fungsi yang sama pentingnya.

Oli mesin sudah mutlak fungsinya, yakni melumasi sejumlah komponen pada blok mesin, sementara untuk oli gardan bertugas melancarkan gerak sistem komponen transmisi pada Skutik. Perawatan dari kedua jenis oli tersebut pun sama, dianjurkan untuk melakukan pergantian pada jangka waktu tertentu.

Pentingnya Oli Gardan Sepeda Motor Matic

Pentingnya Oli Gardan Sepeda Motor Matic (Sumber Gambar : gilamotor.com)
Oli gardan banyak disepelekan. Orang hanya mengetahui ganti oli mesin. Padahal oli gardan pun sangat penting, sama halnya oli transmisi pada kendaraan roda empat.

Oli transmisi ataupun oli gardan mempunyai fungsi melancarkan sejumlah komponen yang selalu saling bergesekan pada transmisi otomatis sepeda motor matik. Apabila bagian tersebut tidak bergesekan secara halus, efek yang pasti adalah terdengarnya suara berisik di bagian boks CVT pada bagian belakang.

Apabila oli mesin dianjurkan diganti setiap 2.000 sampai 5.000 km, maka pada oli gardan lebih cukup lama, 8.000 km ataupun pemakaian sepeda motor hingga delapan bulan. Hal tersebut pun jika penggunaannya normal, tidak kemasukan air.

Umumnya sesudah mengganti komponen ban belakang yang perlu membuka gear. Air berpotensi masuk pada oli gardan ketika menerjang jalanan yang digenangi banjir. Rajinlah memeriksa pada musim penghujan.

Seperti pada jenis sepeda motor lainnya, tipe matik pun mempunyai gearbox meskipun tidak serumit jenis bebek ataupun sepeda motor sport dengan transmisi manual. Posisinya pun di bagian belakang, berdekatan dengan komponen as roda, serta sejajar dengan puli. Tentunya, bagian tersebut perlu perawatan dengan langkah mengganti oli dengan rutin.

Biayanya pun cukup murah. Harga dari Satu botol kecil komponen oli gardan cuma dijual Rp 12.000 sampai Rp 20.000. Menggantinya sendiri pun sangat mudah, asalkan mengetahui letak dari baut penutup saluran buang, serta baut yang satunya lagi guna mengisi ulang oli.

0 comments:

Post a Comment