Tips Mendinginkan Processor Komputer

Posted by Indigkom Wednesday, December 21, 2016 0 comments
Tips Mendinginkan Processor Komputer - Otak yang ada pada komputer terletak pada processor. Apabila prosesor dibiarkan mendapatkan panas berlebih, tentunya sangat membahayakan karena bisa merusak processor itu sendiri dan pekerjaan atau kegiatan pada komputerpun terhambat. Komputer bisa mendadak restart sendiri dan bahkan mati dengan seketika.

Untuk mendinginkan processor komputer tersebut ada banyak cara. Berikut dibawah ini adalah Tips Mendinginkan Processor Komputer dengan langkah sederhana dan dengan biaya yang cukup murah apabila Anda mempunyai kemauan untuk melakukannya sendiri tanpa bantuan service center.

Tips Mendinginkan Processor Komputer

Tips Mendinginkan Processor Komputer (Sumber Gambar : somdgc)

Gunakan thermal pasta yang berkualitas

Thermal pasta atau thermal paste merupakan media peredam panas berlebih dari processor pada badan heatsink pendingin processor sehingga bisa meningkatkan penurunan suhu processor serta berfungsi untuk mencegah terjadinya percikan api serta panas yang berlebih sebagai efek dari panas badan processor dan juga heatsink secara langsung. Thermal pasta kualitasnya tidak baik, tidak akan mempunyai fungsi yang maksimal.

Lokasi chasing pada tempat yang pas

Penempatan chasing pada tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang cukup baik, janganlah menempatkan chasing pada tempat yang sekiranya tertutup karena tidak bisa membuang panas dari dalam chasing dan panas tersebut menumpuk pada badan prosesor.

Rapikan kabel dalam chasing

Tata dan rapikan kabel dalam chasing komputer jangan sampai terdapat kabel-kabel semrawut atau bahkan terkena kipas processor. Tempatkanlah kabel-kabel tersebut serapi mungkin.

Buka Chasing

Lepas penutup chasing komputer Anda. Dengan demikian panas akan lebih mudah tersirkulasi dari bagian dalam casing.

Pasang kipas tambahan sebagai pembuang udara

Pasang kipas tambahan yang berguna untuk menyedot udara panas dari dalam chasing supaya lebih cepat keluar. Kipas tersebut cukup murah, Pasanglah kipas dengan terbalik untuk menyedot dan bukan untuk memberikan angin.

0 comments:

Post a Comment