Perawatan Rem ABS Sepeda Motor

Posted by Indigkom Sunday, December 18, 2016 0 comments
Perawatan Rem ABS Sepeda Motor - Pada jaman sekarang, sepeda motor semakin canggih. Saat ini banyak pabrikan yang menawarkan sejumlah fitur inovatif dan juga canggih sehingga dapat memudahkan pengendara pada saat sedang berkendara. Salah satu dari banyaknya fitur yang mulai banyak diaplikasikan pada sepeda motor adalah anti-lock braking system atau ABS.

Awalnya fitur tersebut cuma dijumpai pada kendaraan roda empat atau mobil. Namun seiring dengan berjalannya waktu fitur penunjang keselamatan dalam berkendara tersebut juga hadir di kendaraan roda dua. Fungsi dari sistem ABS tidak jauh berbeda dengan apa yang disematkan pada komponen mobil. Yakni guna mencegah roda terkunci ketika pengereman. Dengan demikian, resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas bisa diminimalisir.

Cara Perawatan Rem ABS Sepeda Motor

Perawatan Rem ABS Sepeda Motor
Perawatan Rem ABS Sepeda Motor (Sumber Gambar : viva.co.id)
Sama halnya seperti komponen sepeda motor lain, fitur ABS juga memerlukan perawatan. Hal tersebut bertujuan guna menjadikan komponen ini tidak mudah rusak.

Cara Perawatan Rem ABS Sepeda Motor tidak terlalu sulit dan cukup sederhana dan Anda dapat melakukannya sendiri di rumah.

Perawatan rem ABS sama saja dengan rem non-ABS, utamanya kebersihan di area piringan cakram dan juga sensor speed. Pasir ataupun kotoran yang berlebihan akan sangat mengganggu kerja pengereman serta fungsi sensor speed rem ABS. Kesimpulannya, jagalah selalu kebersihan rem ABS supaya tahan lama.

Di samping demikian, merawat sistem rem ABS cuma cukup dilakukan dengan disiplin. Para pemilik sepeda motor cuma butuh melakukan servis secara berkala pada bengkel resmi sesuai pada jadwal periodic maintenance yang sudah ditentukan masing-masing pabrik.

Sistem ABS tidak akan mengalami kerusakan lantaran motor melintasi jalan rusak ataupun dicuci dengan menggunakan steam bertekanan tinggi. Hal tersebut dikarenakan sistem ini didesain secara tertutup dan tidak mudah kemasukan benda asing. Selain dari itu keausan piringan cakram dan juga kanvas rem juga tidak terlalu mempengaruhi fungsi dari sistem ABS. Hal ini cuma mengurangi efektivitas dari pengereman.

Rem ABS bisa rusak jika motor terjatuh ataupun tertabrak dalam kondisi yang extreme. Selain kerusakan, Rem ABS juga dapat tidak berfungsi normal atau bukan berarti rusak, Jika dilakukan sejumlah modifikasi terhadap komponen ban ataupun roda.

0 comments:

Post a Comment