Tips Mengemas Barang Saat Mudik

Posted by Indigkom Wednesday, December 28, 2016 0 comments
Tips Mengemas Barang Saat Mudik - Untuk masyarakat urban, tradisi mudik ke kampung halaman merupakan ritual yang dilakukan rutin setiap tahun. Macet di perjalanan bukanlah rintangan. Untuk mereka yang ingin mudik memakai kendaraan pribadi dengan barang segudang, berikut dibawah ini adalah tips ringan cara mengemas barang pada saat mudik supaya lebih efisien:

Tentukan rute dan tentunya tujuan perjalanan yang akan di tempuh. Hal tersebut akan membantu barang-barang apa sajakah yang harus terangkut di dalam mobil.

Sesudah jelas, buatlah list dan mulailah menyusun barang. Pada saat menyusun barang, jangan lupa menyesuaikan dengan kapasitas dari bagasi dan juga daya angkut pada mobil. Penyesuaian tersebut penting supaya tidak muncul resiko yang buruk ketika mobil dibawa bermanuver atau melakukan pengereman.
Tips Mengemas Barang Saat Mudik (Sumber Gambar : tribunu-antara.com)
Klasifikasikan semua barang bawaan pada dua kategori. Pertama, barang yang dirasa tidak akan digunakan selama perjalanan, semisal oleh-oleh serta pakaian selama berlibur. Kedua, barang yang mungkin diperlukan pada perjalanan semisal peta mudik, cemilan, obat-obatan, buku bacaan, serta beberapa potong kaos dan celana apabila perlu untuk ganti.

Posisikan barang kategori kedua tersebut di tempat yang mudah untuk dijangkau supaya tidak perlu bongkar muat selama di perjalanan.

Utamakan barang bawaan berat di posisi paling bawah. 

Hindarilah penumpukan barang yang berpotensi bisa mengganggu pandangan pengemudi.

Jika perlu, gunakanlah cargo net guna menjaga barang bawaan tetap pada tempatnya.

Hindari pula menempatkan barang di atas kendaraan dengan roof rack, dikarenakan dapat mengganggu stabilitas dari mobil yang dapat merugikan pengendara lain. Jika terpaksa, pastikanlah barang tersebut diikat dengan kencang dan juga tertutup rapat.

0 comments:

Post a Comment