Dampak Buruk Jika Mesin Mobil Kurang Oli

Posted by Indigkom Sunday, January 1, 2017 0 comments
Dampak Buruk Jika Mesin Mobil Kurang Oli - Perawatan yang rutin terhadap kendaraan tentunya wajib dilakukan bila ingin tunggangan nyaman untuk dikendarai. Kendati begitu, ada sebagian besar pemilik kendaraan yang tidak memperhatikan perawatan, meskipun tergolong ringan saat dilakukan. Salah satunya adalah mengganti oli mobil.

Oli merupakan syarat yang penting pada kendaraan. Oli bertugas mengurangi atau meredam gesekan antara komponen mesin mobil satu dengan yang lain. Gesekan yang terjadi bisa mengakibatkan komponen mesin menjadi cepat aus.

Dampak Buruk Jika Mesin Mobil Kurang Oli

Dampak Buruk Jika Mesin Mobil Kurang Oli
Dampak Buruk Jika Mesin Mobil Kurang Oli (Sumber Gambar : 2carpros.com)

Supaya gesekan bisa diredam atau dikurangi, maka bagian yang saling bergesekan harus dilapisi oli pelumas. Tanpa adanya oli, mesin tentunya akan bermasalah. Lantas, apakah dampak buruk mesin mobil kurang oli?

Salah satu masalah yang akan sering terjadi bila mesin mobil kurang oli adalah rusaknya sejumlah komponen di bagian dalam mesin. Sebab, pelumasan yang ditugaskan pada oli tidak optimal.

Jika pelumasannya tidaklah maksimal, artinya material logam di dalam mesin bergerak sehingga dapat membuat baret pada saat logam bergesekkan.

Selain itu, jika mesin mobil kekurangan oli, ring piston pun akan ikut bermasalah. Piston pun akan bermasalah dikarenakan pemakaian kendaraan yang terkesan dipaksakan, sampai jenis oli yang salah, dan sampai faktor kotoran.

kalau ring piston sudah baret pastinya mesin mobil akan terdengar kasar dikarenakan kekurangan pelumas. Bahkan jika oli kurang semakin parah, berarti gerakannya tidak akan mulus lagi bisa mengakibatkan bengkok, dan bisa jump.

Oleh karena itu, disarankan supaya selalu menjaga serta memeriksa secara rutin oli pada mesin mobil. Hal tersebut berguna untuk pencegahan kerusakan komponen mesin mobil yang tentu akan merepotkan penggunanya. Perhatikan buku manual untuk pengisian oli mesin mobil dan jangan sampai kurang karena akan berakibat mogok dan bisa memakan biaya yang tidak murah.

0 comments:

Post a Comment