Penyebab Mobil Mogok Pada Rel Kereta Api

Posted by Indigkom Monday, January 2, 2017 0 comments
Penyebab Mobil Mogok Pada Rel Kereta Api - Kasus kecelakaan yang terjadi di lintasan rel kereta api terus meningkat dari tahun ke tahun. Bagaimanakah kecelakaan tersebut bisa terjadi?  Ada cukup banyak faktor yang mengakibatkan hal tersebut. Salah satu penyebabnya, mobil yang mendadak mogok ketika berada diatas lintasan rel saat menyebrang.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Penyebab Mobil Mogok Pada Rel Kereta Api terjadi akibat daya magnetik yang ada pada rel kereta api. Daya tarik dari magnet timbul dikarenakan adanya gesekan diantara roda kereta dan rel. 

Roda kereta api biasanya berbahan dari baja berjenis ferritic. Baja jenis tersebut memiliki medan magnet  yang sangat kuat dan merupakan medan magnet terkuat dibanding jenis baja lainnya. Pemilihan baja tersebut supaya kereta melaju stabil.

Penyebab Mobil Mogok Pada Rel Kereta Api
Penyebab Mobil Mogok Pada Rel Kereta Api (Sumber Gambar : TheMishMash.com)
Kendaraan yang cukup rawan mogok di rel kereta api saat menyebrang, umumnya merupakan kendaraan yang berbahan bakar bensin, sedangkan pada mobil yang berbahan bakar solar, tidak akan berpengaruh. Karena, beberapa kendaraan yang berbahan bakar bensin masih memakai platina dan CDI. Ketika terkena medan magnet yang besar, pengapian CDI tersebut akan terpengaruh, sehingga mesin bisa mendadak mati.

Mencegah Mobil Mogok Mendadak Di Lintasan Kereta Api

Lalu, bagaimanakah supaya dapat terhindar dari masalah seperti itu? Berikut dibawah ini adalah tips dari Kepala Humas Daerah Operasional PT Kereta Api:

Langkah Pertama, Usahakan jangan seenaknya masuk atau menyebrang saat sirine dari pos penjagaan sudah menyala. jika kendaraan mogok mendadak pada rel, doronglah kendaraan Anda dari rel kereta api tersebut. Sesudah itu, barulah Anda mencoba menghidupkan mesin kembali.

Kedua, waspada dan amati arah kiri dan kanan,  jika ada kereta yang akan melintas, hentikan segera kendaraan Anda. 

Ketiga, janganlah berebut dengan kendaraan yang lain. Yang paling penting, tambahkan putaran mesin setiap kali akan melintasi rel Kereta api.

0 comments:

Post a Comment