Mengatasi Brebet Pada Sepeda Motor

Posted by Indigkom Monday, January 2, 2017 0 comments
Mengatasi Brebet Pada Sepeda Motor - Istilah kata "brebet" pada sepeda motor mungkin pernah terdengar oleh Anda bahkan dialami oleh sepeda motor Anda. Penyebab jalannya motor tidak sempurna tersebut umumnya berasal dari kualitas bahan bakar yang dinilai kurang bagus.

Pengendara sepeda motor tidak perlu khawatir dengan keadaan sepeda motor yang brebet, karena itu cuma masalah kualitas bensin.

Jika mengalami brebet pada sepeda motor Anda, langkah awal atau langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengganti busi menjadi busi yang lebih dingin. 

Mengatasi Brebet Pada Sepeda Motor
Mengatasi Brebet Pada Sepeda Motor (Sumber Gambar : modifikasimotor.net)

Karena, busi yang cenderung lebih dingin lebih cenderung tahan lama. Seperti busi NGK 7, diganti angkanya menjadi 8 atau 9.

Hal lain yang harus dilakukan adalah membersihkan komponen injektor, tetapi hal ini dilakukan bila jarak tempuh atau kilometer sepeda motor sudah lebih dari 1.000 km. Selain dari itu, cobalah untuk diakali dengan pemakaian bahan bakar dengan oktan yang tinggi seperti pertamax atau pertamax plus.

Selain kualitas bensin atau bahan bakar, penyebab brebet juga bisa berasal dari penyumbatan pada komponen karburator jika sepeda motor tersebut belum memakai sistem injeksi.

Mengatasi Brebet Pada Sepeda Motor
Mengatasi Brebet Pada Sepeda Motor Karena Penyumbatan Pada Karburator (Sumber Gambar : dapurotomotif.com)
Periksakanlah karburator pada bengkel resmi atau bila Anda bisa melakukannya sendiri. Bongkar semua komponen karburator dan bersihkan dengan benar semua detail komponennya dengan bantuan angin tekanan tinggi pada kompresor guna mengatasi sumbatannya.

0 comments:

Post a Comment