Merawat Rantai Sepeda Motor Supaya Tidak Kendur

Posted by Indigkom Wednesday, January 4, 2017 0 comments
Merawat Rantai Sepeda Motor Supaya Tidak Kendur - Pada sepeda motor bebek atau sepeda motor sport, salah satu komponen yang perlu dirawat dengan teratur adalah rantai. Dua masalah yang kerap hinggap pada rantai yang tidak dirawat dengan teratur yaitu kendur dan juga kering.

Jika rantai sampai kendur ataupun kering, tentu akan mengeluarkan bunyi yang sangat mengganggu ketika sepeda motor melaju.

Rantai yang kendor umumnya akan mengeluarkan bunyi tidak terlalu keras daripada rantai yang kering. Tetapi bila dibiarkan, akan menyebabkan laju sepeda motor tidak stabil. Bahkan, rantai berpotensi akan putus ataupun lepas dari gear belakang.

Merawat Rantai Sepeda Motor Supaya Tidak Kendur
Merawat Rantai Sepeda Motor Supaya Tidak Kendur (Sumber Gambar : fortnine.ca)
Bila rantainya kendur, dapat disetel ulang. Tetapi, jangan terlampau kencang, dikarenakan akan mudah sekali putus. Sebaiknya berikanlah ruang secukupnya.

Sementara ketika rantai kering, biasanya terdengar suara seperti besi yang beradu. Nah, jalan keluar guna mengatasi rantai kering ini adalah dengan melumasi rantai dengan cairan khusus.

Rantai yang kering perlu dilumasi, supaya pergerakannya tetap selalu lentur dan licin. Tetapi, jangan pernah memakai oli mesin bekas untuk melumasinya, dikarenakan akan berakibat fatal.

Oli mesin bekas tersebut sangat berbahaya, dikarenakan kotoran dan debu-debu akan cepat hinggap. Hal tersebut akan otomatis mempengaruhi kinerja dari rantai.

Oli mesin bekas juga bisa merusak partikel dari komponen rantai, utamanya pada panel kancing rantai. Sehingga, rantai cenderung akan mudah melar dan juga kendur. Lebih baik menggunakan cairan khusus untuk rantai atai bila kepepet gunakan gemuk.

0 comments:

Post a Comment