Penyebab Kopling Mobil Bergetar

Posted by Indigkom Tuesday, August 8, 2017 0 comments
Penyebab Kopling Mobil Bergetar - Pemakai kendaraan yang bertransmisi manual tentu masih menggunakan pedal kopling untuk bisa memindahkan gigi percepatan pada transmisi.

Setiap perpindahan gigi, tentunya harus menginjak tuas atau pedal kopling, sehingga plat kopling serta perangkat pendukungnya bekerja dengan cukup keras.

Terlebih bila mobil sering dipakai pada jalur jalanan yang macet, yang mana seringkali menginjak serta melepas pedal kopling.

Penyebab Kopling Mobil Bergetar (Sumber Gambar : wikimedia)

Di kondisi lain, seperti pada tanjakan yang macet, umumnya juga bisa membuat kinerja dari plat kopling serta cover kopling (pressure clutch) lebih berat lagi.

Salah satu masalah atau keluhan pada kopling diantaranya pedal kopling bergetar. Hal semacam ini bisa dirasakan pada saat melepas pedal kopling ketika mobil mulai berjalan.

Akan tetapi ketika perpindahan gigi saat mobil sedang melaju, getaran pada pedal kopling cenderung akan berkurang ataupun bisa saja hilang sama sekali.

Getaran pada pedal kopling tentu bisa mengurangi kenyamanan pengemudi dan bisa mempercepat lelah pada kaki sang pengemudi. Selain dari itu, komponen kopling pun bisa rusak dan menyebabkan mobil berhenti melaju.

Kerusakan Komponen Kopling Penyebab Kopling Mobil Bergetar

Ada sejumlah penyebab kerusakan komponen yang bisa menyebabkan pedal kopling bergetar, yakni:
  1. Permukaan komponen fly wheel atau dikenal roda gila yang tak rata, sehingga ketika berputar dan bersinggungan pada plat kopling tidak bergesek dengan secara keseluruhan permukaannya.
  2. Pegas pada matahari atau cover clutch yang telah lemah, sehingga dapat menyebabkan getar yang tentu akan merambat hingga pedal kopling.
  3. Pegas pada plat kopling yang telah merenggang atau lemah.
  4. Kekencangan baut cover clucth yang tak merata.

0 comments:

Post a Comment