Mengatasi Kipas Power Supply Yang Tidak Berputar

Posted by Indigkom Saturday, September 6, 2014 4 comments
PSU atau Power Supply Unit merupakan hardware atau komponen komputer yang sangat vital, karena merupakan sumber energy yang dibutuhkan setelah arus listrik. Power supply juga terdiri dari berbagai merk, ada yang memang sangat mahal dan ada juga yang sangat murah, tergantung kebutuhan yang kita perlukan dan tergantung dari komponen lainya dari komputer. Kalo yang dipakai komputer kita merupakan komputer high end tentunya membutuhkan power supply yang bertegangan lebih besar dan tentunya harganya pun akan beda dengan yang dipakai komputer low end. berikut penampakan PSU high end dan PSU low end : 

PSU High End

PSU Low End
Gambar diatas merupakan 2 kasta yang berbeda dalam jenis PSU. Psu high end merupakan psu yang cocok untuk komputer gaming yang mana pasti membutuhkan power yang sangat besar kisaran 500-600 Watt bahkan lebih, karena komponen atau hardware komputer gaming pasti berkapasitas lebih besar dari komputer browsing atau komputer biasa yang hanya membutuhkan 400-500 Watt.

Mengatasi Kipas Power Supply 

Terlepas dari sisi kasta tentunya dua-duanya kadang memiliki masalah termasuk macetnya kipas power supply yang berada didalam power supply tersebut. Bagaimana cara mengatasinya ? mari kita bahas cara mengatasi kipas power supply yang tidak berputar berikut ini dengan catatan anda seorang yang kreatif dan tentunya ingin menghemat dan mengetahui troubleshootingnya. ingat hemat bukan berarti pelit buat beli power supply yang baru hehehehe. 

Kipas power supply tidak berputar bisa disebabkan debu yang sudah melekat dan mengembun bahkan akan susah dibersihkan. 

Oke langsung saja pertama-tama buka power suplai dari cassing komputer anda, selanjutnya buka cassing power supply tersebut. buka keempat baut cassing power supply seperti gambar dibawah.


Setelah dibuka anda akan melihat komponen power supply seperti gambar dibawah ini.bersihkan komponen power supply dari debu dengan alat penyemprot debu atau dengan kuas cat ukuran kecil agar bersih secara mendetail. disini saya menggunakan kedua alat tersebut.


Setelah bersih buka baut kipas yang menempel pada cassing PSU tersebut. bersihkan baling-baling kipas PSU dari debu.




Setelah bersih lumasi kipas dengan pelumas sedikit saja agar tidak menciprat ke komponen yang lain. putarkan baling- baling sedikit demi sedikit agar pelumas merata.


Setelah putaran lancar dan tidak tersendat pasang kembali kipas ke cassing power supply. tutup kembali cassing PSU.

PSU siap dipasang kembali dan siap beroperasi menemani anda berselancar :D 


Catatan : Ini hanya tutorial mengatasi kipas power supply yang tidak berputar. bila power supply masih bermasalah misalnya komputer mati sendiri atau resrtart sendiri kemungkinan harus diganti elco atau bahkan PSU nya sendiri yang harus diganti. INI HANYA REFERENSI PENULIS, Bila masih tidak berfungsi sebaiknya diganti dengan yang baru.

Demikian tutorial mengatasi kipas power supply yang tidak berputar. semoga bermanfaat. Wasalamualaikum. 

4 comments:

alat antrian said...

nice info gan, thanks

kunjungi hargaalatantrianc2000.blogdetik.com pusatmesinantrianc2000.blogspot.co.id
pusat alat antrian otomatis +software dan alat survey kepuasan pelanggan
kami menjual alat antrian:

-alat antri sederhana
-alat antri berbasis android
-survey kepuasaan layanan
-kiosk
-dan juga berbagai macam type tentunya

hubungi www.alatantrian.com
denny@cendana2000.com 082130345677

Unknown said...

makasih gan infonya


Tidak Ingin Ribet Melakukan Pembelian Voucher Atau Pembayaran Bulanan (Listrik , Tv Kabel , Cicilan) ? Download Apps Sekarang Juga di Play Store : http://goo.gl/iFl5go atau Kunjungi Langsung Website Kami di www.serbabayar.com Sekarang Juga

Unknown said...

beli alat blower elektriknya harga berapa ya gan?

Unknown said...

Thanks gan, sudah berbagi ilmunya
Baca juga :

Grosir tas wanita terbaru



gudang tas branded



Gudang tas branded murah

Post a Comment