Waktu Mengganti Oli Sepeda Motor Yang Baik

Posted by Indigkom Wednesday, July 27, 2016 0 comments
Waktu Mengganti Oli Sepeda Motor Yang Baik - Mesin pada sebuah sepeda motor, dalam mesin sepeda motor ada berbagai macam onderdil yang bekerja buat menghasilkan tenaga bagi sepeda motor sehingga melaju dengan baik. Sedangkan oli mempunyai fungsi untuk melindungi onderdil-onderdil tersebut dari gesekan yang terjadi dalam mesin ketika sepeda motor hidup. 

Jika kita tidak melakukan penggantian oli secara berkala, bisa dipastikan onderdil yang ada di dalam mesin tersebut akan sangat cepat aus dan mesin bisa saja rusak lebih cepat. Supaya mesin sepeda motor tetap sehat dan bekerja dengan baik. Jadi kapankah Waktu Mengganti Oli Sepeda Motor Yang Baik?

Supaya mesin sepeda motor lebih awet dan tahan lama sebaiknya pergantian oli berdasarkan jarak yang di tempuh. Walaupun tertera pada manual book, biasanya antara jarak 1.500/km-4.000/km. Untuk jarak tempuh yang pendek misalnya satu bulan menempuh perjalanan yang mencapai 200-500 km, disarankan untuk melakukan pergantian oli setiap 1.5 bulan.

Waktu Mengganti Oli Sepeda Motor Yang Baik

Sedangkan jarak tempuh menengah di atas 500 km setiap bulan sebaiknya melakukan pergantian oli setiap sebulan sekali. Berbeda dengan yang jarak tempuhnya cukup jauh hingga 200 km setiap hari, sebaiknya melakukan pergantian oli setiap 2 minggu sekali atau bisa setiap 1200 km (untuk oli yang mempunyai jarak tempuh 2000 km).

Gunakan oli yang mempunyai kualitas tinggi dan sesuai dengan spesifikasi mesin sepeda motor. Untuk lebih aman, Anda dapat menggunakan oli keluaran dari pabrik motor yang Anda Pakai. 

Kesimpulannya adalah perhatikan speedometer sepeda motor anda dan ingat pada jarak berapa anda melakukan pergantian oli, hal tersebut bisa menjadi pedoman anda untuk melakukan pergantian oli di masa yang akan datang atau bulan depan. Lebih baik lagi anda tanyakan kepada mekanik yang menangani sepeda motor anda atau paling tidak saat melakukan service dan ganti oli di sebuah bengkel resmi anda akan diberi struk yang mana di dalam struk tersebut ada saran pada tanggal berapa anda dianjurkan melakukan pergantian oli kembali. 

Demikian tips waktu mengganti oli sepeda motor yang baik, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment