Membersihkan CDI dan Karburator Vespa

Posted by Indigkom Wednesday, July 27, 2016 0 comments
Membersihkan CDI dan Karburator Vespa - Mempertahankan performa dan kinerja scooter yang di lepas tahun 1990-an seperti Vespa excel sebetulnya tidak terlalu sulit. Hanya perlu menjaga onderdil mesin supaya tetap optimal. Diantaranya adalah, karburator dan CDI yang bekerja pada sistem pengapian mesin.

Dengan merawat CDI dan komponen lain, bisa menjamin proses langkah pengapian berlangsung sesuai dengan kebutuhan mesin. Terlebih lagi, posisi pulser hanya dibalut cover plastik yang tentunya mudah pecah. Sehingga beresiko masuknya air dan menyebabkan hubungan singkat arus listrik.

Menghindarinya, pembungkus lubang atau cover plastic yang meretas dengan lem besi. Power glue dapat pula digunakan, hanya saja daya tahan terhadap panas tidak bisa diandalkan. Tetapi, setidaknya bisa mencegah situasi yang lebih parah.

Membersihkan CDI dan Karburator Vespa

Membersihkan CDI

Sederhana saja, untuk memperpanjang umur pakai sebaiknya onderdil seperti CDI, spul dan magnet dibersihkan satu bulan sekali. Gunakan cairan dengan penguapan tinggi. Bisa menggunakan bensin, dan harus hati-hati supaya tidak terkena pelumas.

Cairan tersebut bisa menetralisir kotoran yang menempel seperti debu. Selanjutnya keringkan dengan disemprot oleh angin kompresor atau memakai Carburatos Cleaner agar sisa dari kotoran benar-benar terlepas, sekaligus mengeringkan onderdil.

Membersihkan Karburator

Bersihkanlah bersama dengan CDI. Selain dengan Carburator cleaner, dapat juga menggunakan bensin premix. Alasannya, kandungan pada bensin premix tersebut memiliki kemampuan bisa melepas kotoran yang menempel di bagian karburator.

Tetapi bila scooter lama tidak dipakai, bisa melakukan langkah dengan merendamnya dengan air panas komponen karburator. Setelah semua komponen karbutaror yang berbahan karet dilepaskan dari karburator, masukkan karburator ke dalam panci berisi air mendidih.

Rendam seluruh komponen karburator dan diamkan selama 15 atau 30 menit. Setelahnya, angkat dan dinginkan karburator. Selanjutnya bagian dalam dikeringkan dengan bantuan angin kompresor atau cleaner. Setelah itu, pasang lagi. Dengan direndam menggunakan air panas, dapat memaksimalkan kembali bahan karburator, selain itu dapat menghilangkan kotoran yang menempel dan membandel.

Itulah tips membersihkan CDI dan Karburator Vespa yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat bagi para scooterist yang ada di seluruh Indonesia.

0 comments:

Post a Comment