Menghemat Kanvas Kopling

Posted by Indigkom Wednesday, July 27, 2016 0 comments
Kanvas Kopling (Clutch disc) biasanya memiliki usia 4 tahun atau kisaran 40.000 km untuk penggunaan normal. Tetapi kebanyakan pengemudi menganggap bahwa umur ini terlalu lama untuk sebuah kendaraan, bagaimana dengan kendaraan anda?

Bila kisaran pemakaian kendaraan kita setiap tahunnya adalah 10.000km, maka diperlukan 4 tahun untuk penggantian kopling. Tetapi mengapa masih banyak orang melakukan pergantian kanvas kopling sebelum 40.000km atau bahkan 30.000 km?

Faktor mengakibatkannya adalah dikarenakan kebanyakan orang salah dalam cara mengemudi, bukan hanya karena kualitas kanvas kopling yang buruk.

Menghemat Kanvas Kopling

Berikut beberapa kesalahan kecil yang sering terjadi bagi pengemudi tanpa kita sadari

  • Menekan tuas kopling (setengah kopling) pada waktu lampu merah yang jalanannya sedikit menanjak, atau pada saat jalanan cukup macet dan padat merayap. Lebih baik lakukan dengan rem tangan dan netralkan transmisi.
  • Kaki yang selalu sigap berada diatas tuas kopling meskipun mobil dalam keadaan melaju. Tanpa kita sadari penekanan kaki kita pada tuas kopling akan mengakibatkan sedikit terjadi gesekan pada kanvas kopling. Maka lebih baik posisi kaki tidak berada diatas tuas kopling waktu mobil berjalan normal. Lakukan injakan tuas kopling pada waktu yang dibutuhkan saja.
  • Lakukan injakan tuas kopling dan perpindahan transmisi selembut mungkin, janganlah melepaskan tuas kopling dengan mendadak. Seperti perpindahan transmisi 1 ke 2 dst. ataupun pada waktu menurunkan transmisi dari transmisi 5 ke 4 dst.
  • Jangan memakai transmisi tinggi 3 atau 4  pada saat kecepatan rendah seperti 30km/jam. Pakailah transmisi sesuai dengan kecepatannya yang tercantum pada manual book.

Bila Anda ingin kanvas kopling awet maka kebiasaan kecil diatas harus perlahan-lahan kita jauhi. Kebanyakan pengemudi khususnya yang tidak terlalu mengerti tentang kegunaan kanvas kopling, menganggap point-point diatas adalah masalah yang biasa. Kita wajib mengingat Konsep dasar bahwa Kopling dipergunakan untuk memindahkan daya atau tenaga dari Mesin ke penggerak Roda bukan untuk menahan berat kendaraan.

Demikian trik menghemat kanvas kopling pada mobil, semoga bermanfaat bagi para owner kendaraan bermesin ini.

0 comments:

Post a Comment