Tips Perawatan Rem Pada Kendaraan

Posted by Indigkom Sunday, November 30, 2014 0 comments
Pengereman merupakan sesuatu yang sangat penting dalam berkendara, baik untuk kendaraan roda 2 ataupun untuk kendaraan roda 4. System pengereman adalah salah satu system yang termasuk dalam safety riding component, dimana jika tidak ada system pengeraman atau system pengereman buruk dapat membahayakan diri sendiri, penumpang, pengendara lain dan siapa saja yang berdekatan dengan jalanan.

Banyak sekali kecelakaan yang terjadi akibat dari system pengereman yang buruk, akibatnya bisa mengakibatkan rem menjadi tidak berpungsi dengan baik. System pengereman bukan hanya untuk mengurangi kecepatan dan laju kendaraan dapat juga sebagai penahan kendaraan saat diparkir. System pengereman yang baik juga bisa mengurangi konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan efisien.



Saat mengemudi di jalanan yang padat kendaraan, frekuensi pengereman biasanya lebih banyak apabila dibandingkan saat berkendara di jalan yang tidak padat. Namun intensitasnya sama karena pengereman saat melaju dengan kecepatan lebih atau menahan beban berat penumpang atau menahan beban angkutan tekananya lebih tinggi. Oleh karena itu rawatlah system pengereman secara seksama, teliti, dan secara rutin. Berikut tips perawatan rem pada kendaraan anda.
  • Cek kinerja system pengereman setiap anda akan berkendara, pastikan pedal rem berfungsi dengan baik dan tidak ada gangguan. Setelah memanaskan mesin, mundurlah 1 meter dan maju sambil menekan pedal rem.
  • Jangan paksakan berkendara apabila setelah melakukan yang yang diatas anda tetap memakainya, lebih baik cari alternatif kendaraan anda yang lain atau menggunakan transportasi umum.
  • Bersihkan komponen pengereman dari debu sisa brake pad. perhatikan juga kebersihan komponen lain didalamnya.Jangan dibiasakan menginjak pedal rem secara mendadak bila tidak diperlukan.
  • Bersihkan cakram rem dari kotoran yang menempel seperti lumpur.
  • Periksa minyak rem dengan melihat indikator rem di panel dashboard atau cek dibengkel resmi, bisa juga memanggil mekanik ke rumah.
  • Periksa secara rutin di setiap jarak tempuh 10.000 km.
  • Periksa rem bila bersuara saat melakukan pengereman.
  • Perawatan pengereman secara berkala ke bengkel terpercaya dan disarankan ke bengkel resmi.
  • Berhati - hatilah saat berkendara.

Demikian Tips perawatan rem pada kendaraan. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment