Suspensi Independen dan Non Independen
Sunday, August 14, 2016
0
comments
Suspensi Independen dan Non Independen - Berdasarkan sistem kerjanya, sistem suspensi bisa diklasifikasikan jadi 2 kelompok, yaitu suspensi independen serta suspensi non independen. Suspensi independen biasanya berhubungan dengan suatu solid/live axle yang menjadi bantalan roda. Suspensi per daun adalah salah 1 contoh suspensi independen.
Per daun umumnya sangat kaku juga kuat, sehingga mengakibatkan kendaraan kurang nyaman. Terlebih, cenderung cukup berbahaya bila melintasi permukaan jalanan yang tak rata dengan melaju pada kecepatan tinggi, dikarenakan unsprung weight yang cukup besar.
Tetapi, kelebihannya ialah kemampuannya untuk menahan beban yang berat dengan cukup stabil. Tidak jarang, sampai saat ini kendaraan truk atau kendaraan komersil masih mempergunakan solid axle.
Sedangkan pada suspensi non independen memungkinkan tiap roda untuk naik ataupun turun tanpa berpengaruh pada roda yang ada pada sisi lainnya. Strut MacPherson, double wishbone, serta multi-link adalah beberapa bagian dari sistem suspensi non independen.
Selain kedua suspensi yang umum ditemui ini, masih ada klasifikasi satu lainnya lagi yang berposisi di tengah dan dikenal dengan nama suspensi semi independen. Pada sistem semi independen ini, pergerakan di salah satu roda mempengaruhi posisi dari roda lain, tetapi semuanya tidak terkoneksi secara langsung satu dengan yang lainnya. Suspensi yang masuk pada klasifikasi ini adalah torsion-beam.
Demikian artikel tentang Suspensi independen dan Non independen yang bisa kami muat. Semoga bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment