Hal Penting Saat Mengganti Kampas Rem

Posted by Indigkom Monday, May 1, 2017 0 comments
Hal Penting Saat Mengganti Kampas Rem - Selain dari oli mesin, minyak rem di sepeda motor pun memerlukan perhatian dari pemiliknya. Sayang, masih sangat banyak pemilik sepeda motor yang tak pernah melakukan penggantian minyak rem dengan berkala. Padahal, sebagai seorang pengendara sepeda motor, mereka seharusnya sangat paham pada peran penting dari kondisi minyak rem.

Jadwal dari penggantian minyak rem disarankan seiring dengan pergantian kampas rem, yaitu pada setiap 6 bulan hingga satu tahun sekali. Itu pun perlu dilihat kembali kondisinya, telah habis ataukah belum minyak remnya.

Jika kondisi dari minyak rem sudah tampak kotor, atau terkontaminasi dengan sedimen air ataupun munculnya gelembung uap, kinerja dari minyak rem tentu akan menurun.

Hal Penting Saat Mengganti Kampas Rem
Hal Penting Saat Mengganti Kampas Rem (Sumber Gambar : Flickr)
Hal Penting Saat Mengganti Kampas Rem Adalah sebaiknya minyak rem tersebut diganti. Meskipun bisa saja bertahan lama, tetapi dalam jangka waktu tertentu haruslah diganti.

Menyepelekan minyak rem dengan tidak pernah diganti bisa saja membuat fungsi dan kinerja untuk pelumasan sistem hidrolik tidak akan maksimal. Lebih parah lagi, hal tersebut dapat menyebabkan piston yang menekan pada kampas rem menjadi magel atau macet.

Rem tersebut menjadi keras. Rem keras dapat menyebabkan pengereman tidak maksimal. Bisa menimbulkan bahaya yang serius sewaktu berada di jalanan.

0 comments:

Post a Comment