Konstruksi Mesin Mobil
Wednesday, October 1, 2014
0
comments
Konstruksi Mesin Mobil atau anatomi mesin adalah susunan komponen mesin yang diurut dan diurai secara detail. Mesin mobil sangat beragam ada mesin yang menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya atau disebut gasoline engine dan mesin yang menggunakan solar sebagai bahan bakar atau disebut diesel engine, dan tentu saja konstruksi mesin mobil yang menggunakan bensin dan solar sedikit berbeda. Dimana mesin diesel mempunyai injector nozle, sedangkan mesin bensin tidak. Mari amati Konstruksi Mesin Mobil dibawah ini.
Gambar diatas adalah komponen yang mengisi konstruksi mesin mobil bagian atas diantaranya Rocker arm, Pushrod, katup dan Camshaft atau Noken As. Fungsi dari semua komponen diatas adalah
Sumber : google image |
Diawali bagian atas pastinya adalah Cover atau tutup mesin yang berpungsi untuk menutupi komponen seperti Rocker arm, pushrod dan katup.
Kedua adalah konstruksi mesin mobil bagian atas yang ditutupi oleh Cover engine atau tutup mesin.
Sumber : google image |
Gambar diatas adalah komponen yang mengisi konstruksi mesin mobil bagian atas diantaranya Rocker arm, Pushrod, katup dan Camshaft atau Noken As. Fungsi dari semua komponen diatas adalah
- Fungsi Rocker Arm atau pelatuk penekan adalah sebagai penekan katup supaya membuka dan menutup.
- Fungsi Pushrod adalah sebagai pendorong rocker arm.
- Fungsi Camshaft Follower adalah penyambung pushrod dan Camshaft atau Noken As.
- Fungsi Camshaft atau noken as adalah untuk mengatur waktu menutup dan membukanya Valve atau Klep atau Katup.
- Fungsi Katup adalah untuk masuk dan keluarnya bahan bakar yang telah di prosess di karburator. dan katup mempunyai 2 bagian yaitu katup masuk dan katup buang.
Bagian selanjutnya adalah bagian blok mesing serta komponen yang bekerja di dalam blok mesin.
Blok Mesin
Sumber : google image |
Blok mesin adalah tempat untuk silinder, saluran pendingin, dan piston. Blok mesin juga merupakan tempat untuk piston melakukan tugasnya yaitu:
LANGKAH ISAP :
adalah langkah dimana saat katup masuk terbuka dan piston bergerak ke bawah atau dari TMA ke TMB menghisap campuran bahan bakar dan udara dari karburator ( pada mesin bensin ), atau udara saja ( pada mesin diesel / mesin EFI )
LANGKAH KOMPRESI
adalah saat kedua katup tertutup dan piston bergerak ke atas atau dari TMB ke TMA memampatkan campuran udara dan bahan bakar ( mesin bensin ), hanya udara ( mesin diesel / mesin EFI )
LANGKAH USAHA
adalah saat kedua katup masih tertutup, piston hampir sampai ke TMA busi memercikan bunga api ( mesin diesel : injektor mengkabutkan bahan bakar solar ) sehingga terjadi ledakan yang mengakibatkan piston terdorong ke TMB.
LANGKAH BUANG
adalah saat katup terbuang piston kembali bergerak ke TMA mendorong gas sisa pembakaran ke katup buang.
Untuk Lebih Jelasnya saat piston melakukan langkah - langkah seperti diatas kita amati gambar di bawah ini.
Sumber : google image |
Keterangan :
TMA : Titik Mati Atas
TMB : Titik Mati Bawah
Dan yang komponen yang terakhir pada konstruksi mesin mobil adalah Carter oil atau bak oli yang berpungsi sebagai penampungan oli untuk melumasi semua komponen.
Demikian Konstruksi Mesin mobil yang bisa disampaikan, Semoga Bermanfaat
0 comments:
Post a Comment