Cara Ganti Oli

Posted by Indigkom Wednesday, November 5, 2014 0 comments
Ganti Oli merupakan kegiatan yang wajib dilakukan para pengguna kendaraan. Cara ganti oli pun sangat mudah bila ingin dikerjakan sendiri di rumah dan dimana saja asalkan mempunyai alat dan tentunya oli yang baru atau oli yang masih layak pakai. 


Oli merupakan cairan yang menjaga komponen mesin ataupun non mesin dari gesekan yang bisa membuat komponen cepat aus atau rusak dalam jarak pemakaian yang belum lama. Pada dasarnya pergantian oli dilakukan jika kendaraan digunakan 1000 KM atau lebih, tetapi untuk menjaga performa bisa juga dilakukan  dalam hitungan 1 bulan sekali. Semua penggunaan kendaraan tentunya tidak sama, ada baiknya anda melakukan pergantian oli yang disertai dengan pemeriksaan keseluruhan kendaraan anda. 

Oli pun mempunyai berbagai varian dan tidak semuanya alami, adapun oli yang sintetic dan merupakan oli yang sudah dirancang untuk berbagai kebutuhan. Semua produk pabrikan kendaraan pun mempunyai spesialisasi dan sudah meluncurkan oli yang disarankan digunakan untuk kendaraan pabrikan tersebut, misalnya Honda mempunyai AHM oil dan Yamaha mempunyai Yamalube. dan adapula standarisasi pada oli sesuai pedoman dalam buku pengguna kendaraan.

Adapun alternatif pergantian oli sendiri tanpa menggunakan jasa bengkel atau jasa bengkel resmi. Berikut cara ganti oli yang dilakukan sendiri. 
Buka tutup atas bak oli yang biasanya bersatu dengan alat pengecek volume oli
Cek volume oli dan kekentalan oli yang sedang digunakan ( kalau masih kental bisa tidak diganti untuk menghemat )
  1. Siapkan kaleng untuk penampungan oli bekas
  2. Buka baut tutup oli yang berada di bawah bak oli
  3. Biarkan oli bekas keluar sampai habis ke kaleng yang disediakan
  4. Semprot bak oli melalui tutup atas oli ( bisa menggunakan kompresor atau alat lain yang mengeluarkan angin yang kuat agar oli bekas benar - benar terkuras
  5. Tutup bak oli bawah dengan baut tutup oli
  6. Masukan oli melalui lubang bak oli atas
  7. Tutup lubang oli atas
  8. Setelah selesai, bagi pengguna motor dianjurkan untuk menekan dan meratakan oli yang baru dengan kick starter dengan posisi kunci kontak off agar mesin tidak langsung menyala selama 5 - 10 kali hentakan. 
  9. Setelah itu nyalakan mesin dan hangatkan selama 10 menit.
Pilih Oli yang sesuai kebutuhan anda dan motor anda. Demikian cara ganti oli sendiri yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.



0 comments:

Post a Comment