Cara Kerja dan Jenis Motor Bakar

Posted by Indigkom Thursday, December 24, 2015 0 comments
Motor Bakar adalah suatu pesawat yang mengubah energi panas dari pembakaran bahan bakar di dalam silinder menjadi energi mekanik atau energi gerak putar pada poros.

Motor bakar banyak dipakai pada kendaraan-kendaraan dari daya yang kecil sampai dengan daya yang besar, misalnya mesin lokomotiv, mesin kapal, atau daya untuk pembangkit tenaga listrik pada suatu industri atau perusahaan listrik (PLTD).

Jenis Motor Bakar Dan Cara Kerjanya

Motor Bensin

Sumber : google image
Pada motor bensin, bahan bakar bensin dan udara diisap ke dalam silinder dan dikompresikan oleh suatu torak dengan perantaraan bunga api listrik pada busi, bahan bakar tersebut dibakar hingga terjadi tekanan dan temperatur yang tinggi, dan mendesak torak untuk bergerak dengan tenaga yang kuat. Gerakan torak ini diubah oleh engkol menjadi gerak putar pada poros.

Motor Disel

Sumber : google image

Pada motor disel, udara murni dihisap dan dikompresikan hingga tekanan dan temperatur didalam silindir menjadi tinggi. Pada saat temperatur tinggi inilah bahan bakar disemprotkan ke dalam silinder melalui Injektor (Pengabut) hingga menjadi pembakaran yang merata, tekanan pembakaran ini diteruskan oleh torak ke poros engkol menjadi gerak putar.

Motor Wankel

Sumber : google image

Pada motor wankel, perubahan energi panas menjadi tenaga mekanis tidak menggunakan torak melainkan langsung menjadi gerak putar pada poros.

Demikian tentang cara kerja dan jenis motor bakar yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menjadi acuan pengetahuan tentang motor bakar.

0 comments:

Post a Comment