Merawat Flashdisk

Posted by Indigkom Tuesday, December 15, 2015 0 comments
Flashdisk merupakan media penyimpanan sementara yang sifatnya plug and play atau bisa dipasang dan dicabut kapan saja tanpa harus mematikan komputer atau laptop. Flashdisk amat sangat penting bagi anda yang memerlukan penyimpanan yang perangkatnya bisa di simpan di saku atau di tas dan tidak memakan ruang yang besar, karena flashdisk memiliki ukuran yang sangat kecil. Flashdisk dapat digunakan sebagai media penyimpanan disaat darurat untuk menyimpan file yang kecil semisal doc, excel atau file rar. Flashdisk sangat banyak digunakan oleh karyawan, mahasiswa, siswa sekolah dan lain sebagainya. Tapi sangat banyak orang yang mengalami error pada flashdisk yang mereka gunakan, semisal hang pada saat menancapkan flashdisk ke usb komputer, file hilang, file corrupt dan flashdisk tidak bisa di isi atau di copy file.
Sumber : wikipedia

Tips Merawat Flashdisk

Merawat flashdisk cukup sulit dan mungkin memerlukan keberuntungan karena, tak semua produksi flashdisk bagus. Ada sejumlah pihak yang tidak bertanggung jawab dengan memalsukan produk flashdisk dan flashdisk bajakanlah yang selalu mempunyai cacat produksi. Disamping itu  sangat banyak sekali flashdisk yang hanya modifikasi dari sebuah micro sd dan jenis ini biasanya dijual di emperan jalan.

Bagi anda yang memiliki flashdisk asli tentunya belum tentu juga anda aman dari cacat produksi, karena tekhnologi hanyalah buatan manusia yang memang tidak akan selalu sempurna, apalagi yang memakai suka gegabah dalam menggunakan perangkat tancap dan berfungsi atau plug and play tersebut. Kerusakan tersebut dapat berupa ; flashdisk tidak terbaca, flashdisk meminta di format pada saat ditancapkan tetapi tetap tidak dapat di format atau dapat di format namun saat ditancapkan kembali dia meminta di format kembali. Merawat flashdisk untuk menghindari kejadian diatas cukup dengan ; 

  1. Eject saat mau dicabut atau jangan di cabut secara langsung tanpa eject apalagi saat membuka dan file dalam flashdisk sedang berjalan.
  2. Segera pindahkan file yang sangat penting bila flashdisk dirasa penuh.
  3. Jangan jadikan flashdisk penyimpanan utama data penting anda.
Demikian kiat merawat flashdisk dengan sederhana dan merupakan referensi dari si penulis. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment