Proses Kerja Motor Bensin 4 Langkah

Posted by Indigkom Tuesday, January 5, 2016 0 comments
Setelah memahami fungsi komponen utama motor bensin 4 langkah, sekarang kita membahas proses kerja motor bensin 4 langkah. Dalam satu siklus motor bensin 4 langkah, terdapat 4 langkah torak atau 2 putaran engkol menghasilkan 1 kali langkah kerja motor. Dibawah ini adalah urutan proses kerja motor bensin 4 langkah.

Sumber : Google image

Langkah Pengisian

Katup masuk dalam keadaan terbuka dan katup buang dalam keadaan tertutup. Engkol berputar 1/2 putaran yang menyebabkan torak bergerak dari TMA ke TMB, sehingga di dalam silinder terjadi pembesaran volume dan pengecilan tekanan atau di dalam silinder terjadi hampa udara oleh karena adanya perbedaan tekanan antara ruang silinder dengan udara luar, maka udara dan bahan bakar terisap ke dalam silinder.

Langkah Kompresi

Katup masuk dan katup buang tertutup. Engkol berputar 1 putaran yang menggerakan torak dari TMB ke TMA lagi, sehingga di dalam silinder yang telah terisi campuran bahan bakar dan udara dalam bentuk kabut dimampatkan oleh torak yang menyebabkan tekanan dan temperaturnya naik.

Langkah Kerja

Katup masuk dan katup buang tertutup. Pada akhir langkah kompresi terjadilah pembakaran bahan bakar yang dimulai dengan loncatan bunga api listrik yang terdapat pada elektroda busi. Bahan bakar terbakar di dalam silinder yang menyebabkan tekanan dan temperaturnya tinggi sekali. Tekanan pembakaran ini mendorong torak dengan kuat dari TMA ke TMB yang menggerakan engkol menjadi setengah putaran.

Langkah Pembuangan

Katup masuk tertutup dan katup buang terbuka. Engkol berputar 2 putaran yang menggerakan torak dari TMB ke TMA, sehingga gas-gas sisa didesak keluar dari silinder melalui katup buang menuju knalpot. 

Untuk gerak selanjutnya dimulai lagi dari langkah pengisian, kompresi, kerja dan buang. Demikian artikel tentang proses kerja motor bensin 4 langkah. Semoga menjadi acuan dan manfaat bagi anda yang ingin tau tentang proses kerja motor bensin 4 langkah.

0 comments:

Post a Comment