Memilih Harddisk Eksternal

Posted by Indigkom Monday, July 25, 2016 0 comments
Memilih Harddisk Eksternal - Harddisk adalah sebuah perangkat keras yang tersimpan didalam komputer ataupun laptop yang bertugas sebagai ruang storage atau tempat menyimpan data. Selain tempat penyimpanan file sistem dari sebuah sistem operasi, harddisk juga bertugas menyimpan berbagai jenis file dengan berbagai jenis format, jika dalam handphone pintar harddisk ini lebih dikenal dengan penyimpanan internal / memori telepon.

Dengan kebutuhan untuk penyimpanan data, kadang kita tidak bisa menampung semua data yang penting di sebuah harddisk internal. Terkadang harddisk yang kita punya tidak cukup untung menampung semua data kita atau adapun yang memang untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada hardware tersebut maka kita memerlukan harddisk eksternal yang mana bisa berfungsi sebagai penampung data sementara atau back up dari data kita. Disamping untuk memperluas daya tampung data, harddisk eksternal juga mudah dibawa sehingga kita tidak repot.

Memilih Harddisk Eksternal

Maka dari itu tak heran jika para produsen teknologi yang bergerak di bidang perangkat komputer berkompetisi untuk memproduksi harddisk eksternal ini. Pada pembahasan saat ini, kami akan mencoba memberikan tips kepada pembaca mengenai “Cara Memilih Hardisk Ekternal” berikut penjelasan lengkapnya.

Sesuaikan Format Harddisk dengan Sistem Operasi

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam memilih harddisk yaitu, memperhatikan sistem operasi yang dipakai oleh komputer/laptop anda. Jika komputer / laptop anda mempunyai sistem operasi Windows, maka gunakan harddisk ekternal yang berformat “NTFS”. Namun  jika anda menggunakan sistem operasi MAC, maka harddsik eksternal yang sesuai yaitu format “HFS+”.

Perhatikan Konektivitas

Point yang juga tak kalah penting yang harus kita teliti pada saat membeli harddisk ekternnal yakni, konektivitas dari hardisk eksternal tersebut, pastikan agar Anda memilih harddisk yang mempunyai jenis konektivitas yang cukup tinggi. Hal ini bertujuan agar pada saat kita memindahkan data sangat cepat, adapun konektivitas USB mulai dari kecepatan (2.0, 3.0, dan 4.0) semakin besar maka semakin bagus.

Perhatikan Kapasitas Harddisk

Bila Anda akan membeli harddisk ekternal, maka harus memperhatikan kapasitas penyimpanan dari harddisk eksternal tersebut. Pastikan untuk menggunakan hardisk yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar, hal ini agar kita akan lebih leluasa menyimpan berbagai jenis file.

Kecepatan Rotasi

Pertimbangkan juga kecepatan rotasi dari Harddisk eksternal yang akan anda beli, adapun harddisk eksternal yang bagus mempunyai kecepatan 7.200 rpm. Adapun saat ini juga sudah tersedia harddisk yang mempunyai kecepatan rotasi lebih tinggi yaitu mencapai 10.000 rpm.

Bentuk Harddisk

Harddisk eksternal ini layaknya flashdisk yang dapat kita bawa kemana saja, jadi disarankan untuk memilih harddisk yang berukuran cukup kecil. Supaya kita tidak repot saat membawanya, dan pilihlah hardisk yang dibungkus dengan chasing pelindung seperti karet agar aman terhadap benturan.

0 comments:

Post a Comment