Penyebab Baterai Cepat Drop Pada Motor Injeksi

Posted by Indigkom Monday, July 25, 2016 0 comments
Penyebab Baterai Cepat Drop Pada Motor Injeksi - Pada zaman sekarang ini, industri kendaraan atau otomotif tengah booming menerapkan teknologi injeksi untuk setiap produksi kendaraan masal mereka. Motor-motor yang sudah disokong teknologi injeksi bahan bakar pada saat ini bekerja dengan beragam sistem kelistrikan. Untuk itu, Baterai menjadi salah satu komponen paling penting pada sepeda motor injeksi.

Jika pemilik sepeda motor injeksi melakukan kebiasaan buruk, maka Baterai sepeda motor akan cepat drop. Baterai yang drop tentu akan menyulitkan pengguna sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi. Baterai yang mati bisa menyebabkan mesin sepeda motor sulit dihidupkan, sensor-sensor tidak berjalan dengan maksimal, bahkan dalam kasus parah, kerusakan akan menular pada komponen yang lain.

Penyebab Baterai Cepat Drop Pada Motor Injeksi

Baterai yang cepat drop disebabkan oleh penggunaan starter elektrik saat lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL) masih nyala. MIL adalah lampu indikator yang ada pada cluster meter dan biasanya berwarna kuning. Biasanya saat kunci kontak diposisikan ke ‘ON’, lampu MIL akan nyala, dan beberapa waktu kemudian mati kembali jika kondisinya normal.

Agar Baterai Tidak Cepat Drop Pada Motor Injeksi

Jadi, ketika anda ingin menghidupkan mesin sepeda motor, tunggulah lampu MIL mati terlebih dahulu. Kalau lampu MIL masih nyala dan mesin langsung dihidupkan, maka sistem akan memakan arus listrik yang lebih banyak. Tips lain agar Baterai lebih awet dan tidak cepat drop adalah pemakaian kick starter atau engkol untuk menghidupkan mesin sepeda motor. Saat pertama kali menghidupkan mesin motor di pagi hari, jangan langsung memakai starter elektrik, Pakailah kick starter untuk menghidupkan mesin sepeda motor anda.

0 comments:

Post a Comment