Cara Dongkrak dan Perawatannya

Posted by Indigkom Tuesday, July 26, 2016 0 comments
Cara Dongkrak dan Perawatannya - Jika bagian bawah mobil Anda mengalami masalah atau kerusakan seperti gangguan pada ban atau roda misalnya, maka untuk meringankan proses perbaikannya, Anda memerlukan sebuah alat yang biasa disebut dongkrak. Jadi fungsi dongkrak ini adalah untuk menaikkan posisi kendaraan supaya mempermudah kita dalam memperbaiki komponen bagian bawah mobil.

Sebelum kita menjelaskan cara kerja dongkrak pada kendaraan roda 4, ada baiknya kami memberi informasi bahwa ada dua jenis dongkrak mobil, yaitu Crocodille jack (dongkrak buaya) dan juga Bottle jack (dongkrak botol). Kedua varian dongkrak ini tetap mempunyai cara kerja yang sama, dan hanya berbeda bentuk dan sisi kemudahan dalam membawanya.

Dongkrak buaya berbentuk layaknya buaya yang sedang mangap dan mudah untuk dibawa kemana saja dan banyak dipergunakan oleh bengkel. Sedangkan Bottle Jack atau dongkrak botol mempunyai bentuk seperti botol pada umumnya dan dapat diletakkan langsung pada bagian mobil, utamanya di sisi yang bedekatan dengan ban dan bila ingin repair tak perlu lagi repot memasangnya. 


Cara Dongkrak dan Perawatannya

Sekarang kita masuk dalam penjelasan cara kerja dongkrak pada mobil. Berikut adalah cara kerjanya;

Disarankan untuk memberi bantalan pada ban yang tidak didongkrak. Maksudnya jika ingin mendongkrak atau mengangkat bagian depan mobil, maka berilah bantalan pada ban belakang. Begitupun sebaliknya.

Kemudian barulah alat dongkrak kita posisikan secara tepat di tempat yang sudah ditentukan.

Sebelum mulai mengangkat atau mendongkrak, pastikanlah lagi apakah posisi pengangkat ini (dongkrak) sudah tepat berada pas tengah sadel dongkrak. Karena jika tidak pas, maka dongkrak bisa saja mengalami slip pada waktu proses pengangkatan. Tentu hal itu akan sangat membahayakan keselamatan si reparator.

Lakukan pengecekan di sekitar wilayah bawah mobil secara teliti sebelum mengangkat dan menurunkan mobil demi keselamatan dan kenyamanan sang reparator dan mobilnya.

Sekarang kita akan menjelaskan tips cara merawat dongkrak, yaitu sebagai berikut;

Pelajari manual book atau buku panduan mempergunakan dongkrak sebelum menggunakannya
Untuk perawatan dongkrak, ikuti petunjuk cara mempergunakan dongkrak pada manual book atau buku panduan penggunaanya.

Jaga kebersihan dongkrak
Sebaiknya dongkrak di jaga kebersihannya supaya dapat digunakan dalam waktu yang berjangka panjang. Periksa  selalu sebelum mempergunakannya, apakah ada yang bocor cairannya atau tidak. Berikanlah cairan hidrolis secukupnya jika dibutuhkan dan kita juga bisa melumasi roda bawah dongkrak dengan oli atau pelumas lainnya supaya tidak macet pada saat digunakan.  

Usahakan dongkrak tidak digunakan untuk menahan beban terlalu lama
Dalam point ini, kita bisa menggunakan jack stand sebagai pengganti dongkrak saat proses reparasi, baru kita gunakan dongkrak lagi untuk menaikkan dan menurunkan mobil.

Penyimpanan dongkrak di lokasi yang aman
Menyimpan dongkrak juga harus diperhatikan supaya dongkrak itu sendiri bisa aman dan gampang dicari jika sedang diperlukan dan tidak disalahgunakan, terlebih oleh anak-anak. 

Demikianlah cara dongkrak dan perawatannya. Selalu pastikan kondisi dongkrak mobil Anda terjaga, agar bisa menjadi penolong saat ban bocor di tengah perjalanan atau gangguan lain di bagian bawah mobil Anda.

0 comments:

Post a Comment