Mengenal Seatbelt Pretensioner Dari Toyota

Posted by Indigkom Monday, April 3, 2017 0 comments
Mengenal Seatbelt Pretensioner Dari Toyota - Dewasa ini komponen atau fitur keselamatan pada kendaraan khususnya mobil semakin bervariasi, dan dengan beberapa teknologinya yang juga makin canggih. Dari fitur pengereman ABS, fitur asistensi pengereman, fitur pengereman otomatis, sampai beberapa fitur lainnya.

Akan tetapi diantara semua fitur tersebut? Manakah fitur keselamatan paling utama mobil, dalam artian yang wajib ada di semua kendaraan manapun, dan dari semua harga?

Menurut seorang ahli dari PT. Toyota Astra Motor atau TAM, fitur keselamatan paling utama mobil adalah fitur sabuk keselamatan. Dikarenakan komponen inilah yang terdekat dengan badan.

Mengenal Seatbelt Pretensioner Dari Toyota
Mengenal Seatbelt Pretensioner Dari Toyota (Sumber Gambar : Wikimedia Commons)
Dari alasan ini, pabrikan Toyota terus mengembangkan teknologi sabuk pengaman atau sabuk keselamatan. Baru-baru ini mereka sudah mempunyai sabuk pengaman atau keselamatan dengan mekanisme pretensioner atau Seatbelt Pretensioner yang dapat mencegah benturan keras.

Cara kerja dari seatbelt pretensioner, pada sepersekian detik awal saat momen tabrakan, sabuk keselamatan ini aktif dan menjadikan badan menempel pada jok. Tujuannya supaya badan tidak terpental.

Kemudian, di sepersekian detik berikutnya, force-limiter akan aktif dan menyebabkan sabuk keselamatan akan sedikit mengendur. Ketika momen pengenduran tersebut badan akan maju sedikit serta bagian kepala pengemudi atau penumpang terbentur kantung udara atau airbag yang sudah mengembang.

Sistem tersebut bekerja selaras dengan fitur airbag. Jadi seatbelt pretensioner serta force-limiter bekerja di saat airbag mengembang.

0 comments:

Post a Comment