Cara Maintenance Komputer

Posted by Indigkom Friday, October 17, 2014 0 comments

Cara Maintenance Komputer Sendiri

Cara Maintenance Komputer -  Maintenance adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk membersihkan perangkat komputer dari serangan malware, file sampah sampai perawatan secara fisik pada hardware komputer. 
Secara software maintenance dilakukan dengan membersihkan file sampah yang berpeluang menjadi malware atau virus komputer yang membuat performa komputer kita berat ataupun lag, gampang hang atau bahkan bisa mati sendiri saat beroperasi. Maintenance tidak hanya dilakukan di sebuah Personal Computer atau PC saja, maintenance juga sering dilakukan oleh sebuah website dengan melakukan filtering terhadap komentar pada website, pada guest book dan pada data register bila terdapat kolom registrasi. 

Kembali ke topik semula tentang cara maintenance komputer secara personal. Komputer memiliki data themporary yang ada pada system operasi, disana kita bisa melihat log dan history yang mana disana terekam jejak apa saja yang telah kita lakukan selama menggunakan komputer. Tidak hanya di sektor perangkat lunak, perangkat kerasnya pun harus dilakukan maintenance. 

Maintenance Perangkat Lunak

Cara maintenance perangkat lunak bisa dilakukan dengan bantuan software maintenance yang gratis ataupun yang berbayar. Salah satu software yang sering digunakan untuk melakukan maintenance komputer di sektor perangkat lunak adalah Tune Up Utillities, Cc Cleaner can masih banyak lagi. Untuk melakukan maintenance oleh perangkat lunak bawaan system operasi bisa dilakukan dengan disk cleaner bawaan windows, atau sekalian melakukan defrag untuk mengetahui kelayakan dari HDD yang kita pakai.

Maintenance Perangkat Keras

Cara maintenance perangkat keras adalah dengan memeriksa semua komponen fisik dari sebuah komputer. Misalnya dengan membersihkan komponen komputer dari debu, memeriksa ram, Vga, kipas prossesor, memeriksa kabel - kabel pada komponen komputer, memeriksa pasta prosseror, memeriksa monitor, memeriksa tegangan listrik dan memeriksa ruang lingkup meja komputer agar aman dan nyaman. 

Demikian tips cara maintenance komputer, periksalah komputer anda secara berkala agar performanya selalu baik saat menemani anda beraktifitas. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment