Bahaya Mengisi Oli Kurang Dari Takaran

Posted by Indigkom Friday, July 28, 2017 0 comments
Bahaya Mengisi Oli Kurang Dari Takaran - Setiap jenis mesin kendaraan bermotor tentunya memerlukan oli guna melumasi setiap komponen mesin yang bergerak, sehingga gerakan komponen tetap licin serta tidak menimbulkan gesekan. 

Pada saat pengaplikasiannya pun juga mempunyai batasan atau takaran yang sudah ditentukan yang sebaiknya dipatuhi. Janganlah mengisi kurang dari level atau batasan yang sudah ditentukan. Semisal, mobil yang seharusnya diisi oli dengan volume atau kapasitas 6 liter cuma diisi 4 liter saja.

Bahaya Mengisi Oli Kurang Dari Takaran (Sumber Gambar : wikimedia)
Alih-alih dapat menghemat biaya pengeluaran untuk penggantian pelumas, mengganti oli tidak sesuai dengan takaran malah dapat menyebabkan efek buruk di kemudian hari. Efeknya dari kurangnya oli, menyebabkan pelumasan pada seluruh komponen mesin mobil menjadi kurang maksimal. Dengan kata lain, semua komponen mesin tidak terlumasi dikarenakan olinya kurang.

Terlalu sedikit saat mengisikan oli, juga bisa menyebabkan resiko rusaknya komponen atau onderdil mesin. Sebab, tentunya akan terjadi penguapan saat penggunaannya sampai mengering. Mesin yang mudah panas bisa mempengaruhi umur onderdil atau komponen yang ada di dalam mesin kendaraan tersebut.

Berbicara mengenai efeknya, mungkin saja tidak bisa terjadi secara langsung, tetapi mobil lama-kelamaan tentu akan mogok jika terlalu sering mengganti oli tidak sesuai dengan takarannya.

0 comments:

Post a Comment