Benda Sepele Yang Bisa Merusak Cat Mobil

Posted by Indigkom Monday, August 21, 2017 2 comments
Benda Sepele Yang Bisa Merusak Cat Mobil - Setiap pemilik kendaraan khususnya mobil pasti menginginkan kendaraannya tampak bersih serta mengkilap. Salah satu caranya adalah dengan merawat cat kendaraan supaya tetap mulus.

Akan tetapi, tanpa sadar, ada sejumlah hal yang dinilai dapat merusak cat mobil. Kedengarannya dinilai sepele, namun akibatnya akan sangat terasa terhadap cat mobil kesayangan.

Benda Sepele Yang Bisa Merusak Cat Mobil (Sumber Gambar : pixabay)
Aspal ataupun kerikil pada jalan merupakan salah satu material pertama yang dapat merusak cat. Salah satu ciri cat yang terkena noda aspal adalah terdapatnya bintik-bintik putih pada bagian bodi mobil. Pengendara sebaiknya melakukan antisipasi dengan menghindari jalan berkerikil supaya tidak terkena noda aspal.

Zat yang Kedua adalah air hujan. Tanpa kita sadari, air hujan yang dibiarkan mengering bisa meninggalkan noda dikarenakan mengandung zat asam yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, dianjurkan kepada pemilik kendaraan untuk sesegera mungkin mencuci mobil setelah terkena air hujan dan laplah sampai kering.

Yang Ketiga adalah serangga. Kerapkali serangga melekat pada mobil, akan tetapi beberapa serangga dapat menghasilkan zat asam yang bisa merusak cat. Dengan begitu, pengelapan mobil setiap pagi sangatlah penting guna menghindari serangga yang cukup berbahaya itu.

Yang nomor empat, menulis pada bodi mobil berdebu tebal pun dianggap berpotensi merusak cat dari mobil. Karena partikel debu tebal yang melekat dapat menimbulkan goresan pada permukaan cat. Oleh sebab itu, pemilik kendaraan haruslah rajin untuk membersihkan dan tidak membiarkan debu terus menumpuk di mobil.

Kelima adalah getah. Tidak disadari, pengendara mobil sering memarkir kendaraannya di area bawah pohon. Padahal, hal tersebut berpotensi mobil terkena getah.

Meskipun dinilai sepele, getah sangat berpotensi merusak cat pada bodi mobil. Guna membersihkannya, gunakanlah pembersih lem ataupun cairan anti lengket dan sesudahnya gunakan pula cairan pelindung cat.

Benda Keenam, noda cairan kopi ataupun soda. Kedua noda tersebut tidak cuma merusak lapisan jok mobil tetapi juga dapat merusak cat bodi mobil. Karena cairan kopi pun mengandung asam yang cukup tinggi, maka jika mobil ternodai tumpahan kopi, bersihkanlah noda dengan air.

Benda Ketujuh, krim pencukur. Mobil yang tidak sesegera mungkin dibersihkan jika terkena oleh krim cukur bisa menyebabkan catnya mengelupas. Hal ini dikarenakan sabun pencukur terbuat dari bahan-bahan kimia sehingga dapat mengikis lapisan dari cat mobil.

Norom 8, kotoran burung. Kotoran atau fups burung yang menempel cukup lama bisa merusak cat bahkan material logam. Guna menghilangkannya janganlah langsung dilap pada keadaan yang kering, tetapi siramlah terlebih dulu dengan menggunakan air kemudian diusap dengan memakai lap lembab supaya cat tidak baret.

Yang terakhir, penyiram otomatis pada taman. Meskipun terlihat indah ketika menyala, akan tetapi penyiram otomatis taman bisa menjadi bencana untuk cat mobil. Penyiram otomatis tersebut merupakan kombinasi air dan juga zat pada daun bisa meninggalkan noda yang cukup sulit untuk dibersihkan. Solusinya, parkirlah kendaraan cukup jauh dari taman.

2 comments:

Unknown said...

Cairan kopi sama serangga nih yang sering nempel T.T

Unknown said...

Jadi ngeri takut mobil legend vapak saya catnya rusak

Post a Comment