Efek Buruk Pengisian Bahan Bakar Sampai Luber

Posted by Indigkom Tuesday, August 22, 2017 1 comments
Efek Buruk Pengisian Bahan Bakar Sampai Luber - Tidak dapat dipungkiri bahwasanya hingga saat ini sebagian besar pemilik kendaraan khususnya roda empat atau mobil sering mengisi bbm atau bahan bakar minyak terlalu penuh atau istilahnya full tank. Alasan klasik dari hal tersebut yakni supaya tidak capek untuk bolak-balik ke SPBU atau stasiun pengisian bahan bakar umum.

Akan tetapi ternyata, mengisi bahan bakar dengan terlampau penuh mempunyai dampak yang negatif. Efek Buruk Pengisian Bahan Bakar Sampai Luber  adalah bahan bakar yang ada pada kendaraan akan terbuang dengan sia-sia atau bisa menjadi boros. 

Setiap tangki yang ada di setiap kendaraan tentunya sudah dilengkapi lubang hawa yang mempunyai fungsi sebagai pengurang tekanan yang dihasilkan oleh bahan bakar ketika ada di dalam tangki.

Efek Buruk Pengisian Bahan Bakar Sampai Luber
Efek Buruk Pengisian Bahan Bakar Sampai Luber (Sumber Gambar : pixabay)
Jika seluruh ruangan tangki dipenuhi oleh bensin, maka gas yang akan muncul dari hasil ekspansi bahan bakar minyak akan keluar dari tangki lewat selang, sehingga bbm atau bahan bakar minyak terbuang dengan percuma. Dengan demikian tangki bensin memerlukan ruang supaya bensin dapat mengembang dan tidak mengendap.

Jadi, setiap bahan bakar atau bensin yang mengalir dari selang pengisian dapat terhisap lagi ke tangki SPBU.Hal tersebut dikarenakan mesin pengisi bahan bakar cukup canggih, yaitu telah dilengkapi penghisap uap bensin. Ketika selang pengisi mendeteksi adanya bensin yang diisikan telah penuh, maka penghisap tersebut dengan otomatis menyedot uap dari bensin yang keluar dari lubang pengisi kendaraan.

Pengisian bensin yang terlalu penuh pun bisa mengganggu kesehatan. Setiap tetes bensin yang tumpah dan menguap menjadi salah satu faktor penyumbang polusi terhadap udara. Saat pengisiannya, dianjurkan untuk berhenti sesudah muncul bunyi "plop" pertama dari sistem mesin pengisian. Saat mengisi bensin biarkanlah tetap ada ruang diantara bensin serta leher tangki. 

1 comments:

Creepy's said...

berlebihan emang gak baik hehe, jadi standard aja. btw belum pernah sih sampe luber gitu

Post a Comment